Jadi Apa Itu Deflasi? Deflasi Adalah Penurunan Harga Barang Dan Jasa.

deflasi adalah

bagikan posting ini:

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Apa itu deflasi? Deflasi adalah penurunan secara umum harga-harga barang dan jasa dimana jika dihitung, nilai inflasinya berada dibawah angka 0%. Deflasi secara alami terjadi saat peredaran uang menurun atau tetap. Sebab lain bisa dipicu dari tingginya pasokan jumlah barang di pasar yang menyebabkan penawaran barang tersebut menjadi lemah.

Saat deflasi, kemampuan mata uang untuk membeli barang atau jasa mengalami peningkatan dari seharusnya. Ataupun dengan kata lain, penurunan dari harga barang tertentu karena kemampuan tawar barang yang menurun.

Kamu bisa melihat banyak kasus barang impor yang menyebabkan barang serupa menjadi lebih murah. Sebaliknya kelangkaan barang akan menyebabkan inflasi, yang merupakan kebalikan dari deflasi.

Ada banyak faktor yang menyebabkan deflasi, akan kita bahas di bagian selanjutnya. Mari kita mulai bahasan tentang pengertian deflasi, contohnya sampai akibat baik dan buruk terjadinya deflasi bagi aktifitas ekonomi di Indonesia.

Pengertian Deflasi

apa itu deflasiSaat deflasi terjadi, pasar akan mengalami penurunan harga barang dan jasa dimana faktor penurunan tersebut dikarenakan peredaran uang yang terbatas. Walaupun deflasi harga adalah bagian dari akibat deflasi moneter, kasus ini tidak selamanya begitu.

Pengertian deflasi moneter adalah saat pemerintah menggunakan kekuasaannya untuk mengurangi belanja mereka, sehingga perputaran uang di pasar melambat dengan drastis.

Apa Yang Dimaksud Dengan Deflasi Harga?

Arti deflasi harga barang dan jasa adalah penurunan daya tawar barang dan jasa terhadap daya beli masyarakat. Deflasi bisa menjadi kabar baik bagi masyarakat, namun buruk dalam jangka panjang terhadap bisnis terkait.

Masyarakat memang bisa membeli lebih banyak barang dengan nominal uang yang sama. Namun pengusaha akan merugi dikarenakan keuntungan mereka yang menurun. Namun ada kalanya jenis bisnis yang lebih mengutamakan inovasi dan teknologi dalam proses produksi mereka. Hal ini akan mengurangi ongkos produksi sehingga harga jual menjadi lebih rendah.

Penyebab Deflasi

Deflasi moneter bisa disebabkan oleh kurangnya suplai uang atau instrumen finansial yang mudah untuk diuangkan. Saat ini, peredaran uang dikontrol ketat oleh Bank Indonesia.

Periode deflasi sering kali terjadi saat adanya ekspansi moneter buatan. Contohnya pada awal 1930 dimana terjadi deflasi besar-besaran di Amerika karena runtuhnya pondasi finansial bank yang menyebabkan kurangnya suplai uang. Di Jepang, juga terjadi hal yang sama pada 1990-an.

Ada beberapa faktor penyebab deflasi. Penyebab pertama deflasi adalah kurangnya agregat permintaan terhadap barang dan jasa.  Juga termasuk pada pengurangan belanja negara, gagalnya pasar saham, peningkatan tabungan masyarakat, dan peningkatan bunga bank.

Yang kedua adalah meningkatnya tingkat produksi barang dan jasa. Dimana perusahaan akan beroperasi dengan lebih efisien dengan semakin meningkatnya teknologi. Hal ini mengakibatkan penurunan biaya produksi sehingga menghasilkan produk yang lebih murah.

Deflasi harga dikarenakan peningkatan produktifitas bisa berbeda untuk beberapa industri. Contohnya coba bandingkan peningkatan produksi pada sektor teknologi. Dalam beberapa dekade terakhir, peningkatan teknologi akan mengakibatkan penurunan harga rata-rata dari barang dan jasa, namun juga peningkatan dari layanan dan fungsi yang ditawarkan.

Contohnya paket data yang ditawarkan beberapa tahun yang lalu akan sama nilainya saat kebutuhan akan kuota data yang besar cukup penting karena layanan 4G dan 5G yang semakin mudah diakses. Akibat deflasi akhirnya tidak cukup signifikan di sektor terkait.

Contoh Deflasi

Yogyakarta chickens Reuters
petani membagikan ayam gratis di Yogyakarta l Sumber: Reuters

Nah kita sudah membahas apa itu deflasi dan penyebabnya. Untuk contoh deflasi, kita bisa mengambil contoh praktis pada saat perusahaan mengalami kendala dalam penjualan produk mereka. Sebut saja saat Asosiasi Peternak Ayam Yogyakarta membagi-bagikan secara gratis 1.000 ayam broiler bagi masyarakat Yogyakarta. Hal ini dilakukan karena upaya pemerintah dalam mengimpor ayam dari luar negeri yang menyebabkan tingginya pasokan ayam di pasar.

Harga ayam bulan Juni lalu memang anjlok, dimana hanya sekitar Rp. 8.000 per kg dari harga normalnya Rp. 13.000 per kg.

Tingginya pasokan ayam broiler di pasar mengakibatkan harga ayam potong anjlok dari Rp. 28.000 menjadi Rp. 21.000. Rentetan ini mempengaruhi harga jual peternak secara keseluruhan. Apalagi barang terkait memiliki kebutuhan untuk dijual segera, demi meminimalisir kebutuhan pakan dan kesegaran ayam potong.

Peningkatan jumlah barang sejenis di pasar akan mengakibatkan harga barang yang menurun tajam, dan berakibat pada rendahnya keuntungan bisnis dari produksi barang dan jasa. Walaupun ada keuntungan yang bisa diperoleh masyarakat dalam jangka pendek lewat ayam murah atau bahkan gratis seperti dalam kasus ini.

Cara Mengatasi Deflasi

menggunakan Indeks Harga Konsumen untuk mengukur deflasiKeuntungan peningkatan daya beli masyarakat tersebut bukan berarti menjadi hal positif secara keseluruhan bagi ekonomi pasar. Jika kita perhatikan contoh sebelumnya, maka kita bisa pastikan peternak ayam menjadi rugi yang akan berakibat pada peningkatan biaya atau inflasi terkait harga ayam dalam jangka panjang.

Kebangkrutan perusahaan, pemotongan target produksi, sampai tingkat kredit bermasalah bisa menjadi pemicu kelangkaan barang terkait di pasar. Karena itu diperlukan upaya untuk menghindari deflasi harga kebutuhan barang pokok seperti ayam potong.

Ada beberapa cara mengatasi deflasi yang efektif mulai dari menjaga kestabilan produk dan harga. Pemerintah bisa mengatur pasokan barang di pasar. Ketersediaan pangan sangat penting bagi masyarakat. Pemerintah bisa menjaga jumlah edaran barang dengan Bulog misalnya. Atau jika dibutuhkan, dengan mengimpor barang agar tidak terjadi kelangkaan barang terkait. Namun, jika terlalu banyak, juga akan mengurangi nilai barang tersebut, yang berakibat pada deflasi.

Cara kedua adalah dengan menggunakan indikator Indeks Harga Konsumen untuk mengukur deflasi. IHK penting untuk menjaga kestabilan harga barang dan jasa oleh pemerintah. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, pemerintah dapat mengintervensi pasar dengan banyak mekanisme kebijakan lokal sampai tingkat nasional.

Dampak Deflasi

Ada banyak dampak deflasi yang berpengaruh buruk pada ekonomi makro Indonesia dalam jangka panjang. Ini didasarkan pada menurunnya keuntungan yang diperoleh pengusaha dikarenakan harga jual barang produksi yang menurun.

Penurunan keuntungan bisnis ini akan mengakibatkan beberapa resiko ekonomi seperti:

  1. Peningkatan pengangguran
  2. Pemasukan pajak menurun
  3. Mempengarui rantai harga barang lainnya

Walaupun begitu, deflasi dalam beberapa sektor barang dan jasa dapat menjadi pendorong aktifitas ekonomi yang baik. Contohnya bisa kita lihat dengan penurunan tiket pesawat, dimana bisa berakibat pada penurunan biaya transportasi barang. Deflasi dalam bidang transportasi bisa mempengaruhi tingkat deflasi barang dan jasa yang lain. Secara umum, deflasi seperti ini akan bermanfaat bagi ekonomi makro Indonesia.

Kesimpulan

Kita sudah membahas pengertian deflasi sampai dampaknya dalam ekonomi makro terutama di Indonesia. Jadi apa itu deflasi?

Secara singkat, deflasi adalah penurunan harga barang dan jasa di pasar. Jadi kamu bisa membeli lebih banyak barang dengan sejumlah uang yang sama sebelum deflasi terjadi. istilah ini adalah kebalikan dari inflasi. Dimana inflasi berarti peningkatan harga barang.

Deflasi bisa diakibatkan oleh rendahnya uang beredar, ataupun tingginya barang atau jasa yang diperdagangkan.

Walaupun inflasi alami terjadi di Indonesia, deflasi bisa berakibat buruk bagi sektor industri karena berpengaruh langsung bagi pendapatan usaha dalam jangka pendek.

Semoga bermanfaat.

Sumber Daya Tambahan

More To Explore

Binomo Review
Uncategorized

Binomo Review: Diskusi Mendalam

Binomo adalah broker binary options yang berfokus pada pelayanan pada anggotanya dengan menawarkan jenis trading yang menarik, layanan pelanggan dan bantuan analisa secara langsung. Binomo